Saturday, February 18, 2017

kalo gue bisa ngulang waktu

Pernah kepikir ga sih apa yang bakal lo lakuin kalo bisa ngulang waktu? kalo lo diberi kesempatan memperbaiki kesalahan-kesalahan lo atau balik ke momen-momen paling bahagia yang pernah lo alamin?

Kalo gue sendiri dikasih pertanyaan itu, beberapa hal yang bakal gue jawab malam ini adalah..


Kalo gue bisa ngulang waktu,
Gue mungkin ga bakal pake sepatu usang yang gue sayang banget ke masjid deket rumah dan ujungnya dimaling orang, karena jelek-jelek banyak kenangannya.
Gue mungkin bakal usaha lebih keras buat dapetin kesempatan S3 beberapa tahun lalu yang gue tinggalin gitu aja cuma karena takut ngerasain lagi gagal di penelitian dan defense.
Gue mungkin bakal lebih hati-hati nyimpen tempat lilin dari restoran yang ujungnya cuma dipake jadi asbak sama anak-anak kosan.
Gue mungkin bakal lebih banyak menikmati udara kebebasan yang selama ini kurang gue syukuri.
Gue mungkin bakal lebih banyak menghubungi mereka yang jauh sebelum akhirnya sibuk lalu putus, itu sedih.
Gue mungkin ga bakal ngomong 'jangan takut patah hati karena abis patah hati lo bakal nemuin hati yang baru yang pastinya lebih indah.' karena patah hati itu gaenak. banget. Teori memang lebih gampang daripada praktik. *sigh

Kalo gue bisa balik ke momen yang gue mau.
Gue bakal balik di waktu gue berusaha ngedapetin gelar yang harus bolak-balik lab, dosen pembimbing, sampe kekunci di lab atau kehabisan bus tengah malam dan harus jalan sampe rumah, tapi masih bisa jalan-jalan dengan bebas tanpa beban bahkan ke negara sebelah.
Gue bakal balik ke masa gue berjuang belajar bahasa Prancis mati-matian walaupun gue tetep aja ga jago bahasa parancis
Gue bakal balik dimana gue pertama kali ngeliat kabut pagi buta waktu transit di Doha dan pertama kali gue ngeliat tanah Prancis dari ketinggian,.
Gue bakal balik ke suhu dingin yang nusuk tulang tanpa pemanas ruangan dan gue cuma bertahan pake selimut pinjeman dan ngobrol sama tamu yang dateng.
Gue bakal balik ke ruang kerja tempat gue sering putus asa terus ngomong, 'Dikit lagi, Cip.' ke diri sendiri.
dan..
Gue bakal balik di masa gue patah hati dan nemuin orang yang bisa bikin gue percaya lagi.

Namanya berjuang memang gaenak, dan ga semua orang bisa tahan ngelewatin proses itu. Sorry ini tulisan gapenting. Gue cuma lagi rindu rasanya berjuang buat sesuatu atau seseorang yang gue tahu udah nunggu di ujung sana.

sepatu gue yang ilang.
Src: stok foto lama waktu di Barcelona

--
udahlah, ini tulisan galau, gue cuma lagi kepikiran sama sepatu yang ilang. besok lagi gue baca pasti pengen ngapus bawaannya.

1 comment: