Monday, January 21, 2013

Dibalik Kata 'Sendiri'..

"When you're feel alone, then you can meet your true self" (Jati, 2013)




Pernah kenal ama kata loneliness? Arti dari 'Loneliness' sih kalo menurut om wikipedia (2013) Loneliness is a complex and usually unpleasant feeling in which a person feels a strong sense of emptiness and solitude. The causes of loneliness are varied, but it can be affected by social, mental, emotional, and spiritual factors. It is a natural phenomenon, since humans are social creatures by nature. Loneliness has also been described as social pain — a psychological mechanism meant to alert an individual of isolation and motivate him/her to seek social connections.



Perasaan ‘Sendiri’..
Loneliness yang secara harfiah di bahasa indonesia berarti kesepian, kesendirian, dan lain sebagainya biasanya merupakan perasaan yang ga disukai, bahkan mungkin mengganggu bagi sebagian orang. Ini karena ‘lonelines’ sendiri berhubungan dengan perasaan yang kurang menyenangkan, perasaan kosong hampa dan lain sebagainya. Arti kata ini penuh dengan nuansa sendiri dan terbuang. Kalo mau iseng coba deh buka tab baru, terus cari di google image pake keyword 'loneliness', pasti gambar yang keluar 80% nggambarin nuansa kelam. biasanya diisi dengan gambar orang yang lagi sendiri, dengan pose menunduk dan lain sebagainya yang nunjukin kesedihan. Posisi ketika seseorang merasa sendiri itu dalam bahasa gue adalah 'lonely state'. Kalo memang mau dibawa sedih oke sedih, kalo mau dibawa sendiri ya pasti sendiri banget kalo lagi ngerasain perasaan itu. Tapi menurut gue sendiri itu semua tergantung mindset kita. Dan disini gue sendiri nyoba buat ngeliat dari sisi lain loneliness. Dimana sebenernya kalo kita mau sadar, banyak hal yang bisa kita lihat dari sisi positif perasaan sendiri ini. 

Kembali Ke Mindset.
Tuhan ga mungkin menciptakan sesuatu yang sia sia, sama kaya ‘perasaan sendiri’ itu, menurut gue sendiri perasaan sendiri harus kita punya, kenapa? Karena kalo kita sendiri gapernah ngerasa sepi kita ga bakal sadar siapa diri kita. Kita bakal cenderung lupa ama diri kita sendiri dan siapa kita. Pernah ga sih lo ngerasa sepi terus jadi inget siapa diri lo, gimana diri lo dimata orang lain, gimana sikap lo ke orang lain? Nah! disini nih dimana menurut gue dengan perasaan sendiri itulah kita bisa introspeksi diri kita, kita bisa punya perasaan yang lebih halus dari biasanya, bahkan mungkin ga jarang perasaan kita jadi sensitif banget ketika ngerasa sepi. Jadi kenapa ga kita manfaatin 'lonely state' kita masing masing buat sekedar introspeksi diri daripada ngegalau tanpa ujung?

Kenangan?
Terus juga, hal positif lain yang bisa diambil dari 'lonely state' masih berhubungan dengan perasaan. Biasanya waktu kita ada di 'lonely state' ini tiba tiba kenangan kenangan yang udah lewat muncul lagi, ntah keluarga, sahabat, mantan, temen temen, juga masa masa indah yang udah kita lewatin dan kemudia hilang dimakan usia yang kemudian teronggok di sudut memori untuk disegarkan kembali waktu ngerasa sendiri. Kebanyakan yang orang lakuin waktu kenangan kenangan itu muncul di pikiran maka yang bakal mereka lakuin adalaaahh *jeng jeng jeng* tambah galau -__-".. Sedangkan disini menurut gue, yang namanya kenangan itu adalah suatu media buat numbuhin perasaan positif, karena gimanapun bentuk juga peristiwanya yang namanya kenangan adalah baik. Nah kalo gue sendiri ketika gue tetiba keingetan ama kenangan kenangan itu, ya gue harus bisa menikmatinya, bukan untuk apa apa, tapi merindukan adalah sebuah perasaan yang menyenangkan buat gue. Kalo udah rindu biasanya malah makin galau, kenapa deh ga dikontak yang dirinduin tersebut? Kan dengan ngehubungin kita jadi bisa cerita cerita, terus bisa ngilangin rindu ama galaunya deh. menyelam sambil minum air bukan?

Itu dua hal positif yang menurut gue bisa diambil dari 'lonely state' yang lo rasain. Semua yang kita alamin itu sebenernya tergantung mindset kita, mau dibawa positif atau negatif.. Semuanya ga ada yang sia sia.. itu menurut gue.. :)


5 comments:

  1. sendiri itu merupakan 'seni' yang pantas di nikmatin, saat dah nemu 'seni'y, bakal enjoy sama k sendirian itu, satu lagi, sendiri mengajarkan kita mandiri juga lohh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yak! dan intinya kalo cuma kita bawa susah ya kita gabisa kita nikmati 'seni'nya tersebut. so, buat apa dibikin susah? y kan?

      Delete
  2. Sendiri itu ga melulu menyedihkan ko.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju.. dan terlalu banyak orang mikirin kesedihannya waktu sendiri.. :)

      Delete
  3. sedih bukan untuk ditangisi
    bahagia bukan untuk di banggakan
    tapi
    sedih hanya untuk direnungi apa yg kurang dari diri kita dan untuk memperbaikinya (terkadang sedih itu selalu datang dengan penyesalan)
    bahagia hanya untuk disyukuri bukan untuk dibanggakan sampai menyombongkan diri (karena apapun yg kita miliki itu tak abadi)
    ^_^_^_^_^_^_^_^_^_^_^

    ReplyDelete