Sunday, June 12, 2016

Cerita tentang hanafi

Jadi posisinya gue lagi di barbershop, mau potong rambut ceritanya. Ntah kenapa kebiasaan buruk gue tiap kali mau potong rambut adalah gue parno! Gue parno hasil potong rambutnya ga sesuai sama apa yang gue mau dan gue parno gue makin buruk rupa. syedih. Hal ini karena ada trauma sama cerita masa lalu..

Cerita bermula di kala gue kelas 1 smp.  Itu adalah masa dimana gue masih unyu, menggemaskan, dan aga bandel. Waktu itu gue paling males sama yang namanya potong rambut. Padahal di jaman babang sekolah, anak sekolah negeri gaboleh panjang rambutnya, sedangkan waktu itu gue rambutnya panjang banget sampe kaya pake poni (lebih tepatnya macam guguk pudel gitu sih). Beuh!

Belum lagi waktu itu guru-guru lagi gencar-gencarnya ngadain yang namanya 'RAZIA RAMBUT'!!!! TIDAAKKK! Kebayang kan deg-degannya remaja setengah gaul macam awak yang kucing-kucingan sama guru waktu razia rambut digelar tiba-tiba? Sistem razianya juga ngeri banget. Biasanya diawali dengan pengumuman lewat pengeras suara yang isinya seluruh siswa gaboleh keluar kelas. Ga lama kemudian beberapa guru bakal dateng dengan senyum bahagia sambil bawa gunting! Sontak gue yang adem ayem langsung usaha buat keluar kelas. Kebayang kan lagi enak-enak belajar di kelas tiba-tiba dibawain gunting? Serem! Serem banget! Bahkan menurut gue razia rambut ini lebih serem dibandingin sama razia surat kendaraan bermotor di luar sana.....

Yah kisah pelarian gue yang mirip-mirip sama si Jason di cerita 'Bourne' pun dimulai disana, bedanya adalah gue gondrong sedangkan si Jason rambutnya tipis. Gue masih inget banget dimana gue selalu jadi inceran guru-guru dengan senyum bengus dan gunting di tangan. Jadilah saat razia gue sering ngumpet ntah itu di balik tangga sekolah, pura-pura sakit di uks, belajar di perpustakaan, bahkan pernah ngumpet di kamar mandi sampe digedor-gedor karena disangka boker kelamaan. Dan kaya kata peribahasa 'sepandai-pandainya lo pura-pura boker ya tetep aja ga ada baunya'.

Hingga dalam salah satu percobaan pelarian gue dari razia guru, akhirnya gue ketangkep dengan style menjijikkan itu, gue lalu digiring ke tengah lapangan untuk dipotong bareng preman-preman sekolah yang lain.......
gue yang masih lugu cuma bisa cengengesan aja waktu itu, sambil gelisah.. karena gue akhirnya beneran kebelet boker. Pak Guru pun menggunting beberapa titik rambut di kepala gue dengan senyum kemenangan..

Setelah dicukur di tengah lapangan, guepun pulang ke rumah. Meski miris, gue tetap dengan bangganya lapor sama si mama kalo gue dipotong rambutnya. Si mama cuma iya aja liat anaknya pitak sana sini. Si mama cuma minta gue besoknya buat cukur, 'biar aga rapi' maksudnya. Keesokan harinya diajaklah gue ke salon langganan mama sambil boncengan motor unyu-unyu.

Namun, disitu petaka dimulai..

Sampe sekarang gue masih inget banget muka dan siapa nama lelaki yang motong rambut gue kala itu. Namanya HANAFI! seorang tinggi besar tapi aga lentik (Gue ga bermaksud menyinggung hanafi-hanafi yang lain ya. Ini khusus hanafi yang waktu kelas 1 smp motong rambut gue!).

Dan sekalipun gue bingung, gue coba yakinin diri kalo semua baik baik aja. Si mama bilang buat rapihin rambut gue, guepun mengiyakan dengan senyum takut setengah malu-malu. Belum ilang takut di dada gue? akhirnya dia mulai persiapan nyukur, dia ambil mesin cukur rambut.

ga lama....

sreett!!

WADEFAK!! DOI NYUKUR RAMBUT DI KEPALA GUE GITU AJA!! LANGSUNG ABIS!!! GUE LANGSUNG PUCET!!!

Gue langsung menggigil, serasa kekuatan di sendi-sendi gue luruh. Gue gapunya kekuatan.. gue lemes.... dengan sisa-sisa tenaga gue, gue memberanikan diri ngomong, terjadilah percakapan sebagai berikut..

C : 'MBA! EH MAS! KOK DIABISIINN!!' (Gue sempet gaenak pake kata mba ke hanafi)
H : (dengan lentiknya menjawab) 'eehh, loohh. Bukannya dirapihinn tadi mintanya??'
C : 'DiRAPIHin MBA! BUKAN diABISin! (Kali ini gue udah ga peduli, gue harus tunjukin sisi laki-laki gue!)
H : (dengan polosnya ngejawab) 'ya gimana dong udah terlanjur setengah...'
C : '...........' (hening sesaat terus gue jawab) 'yaudah..'

Ga kerasa gue terus dipotong lalu gue terisak melihat mahkota kepala gue diabisin gitu aja sama si hanafi.. mama sempet nawarin gue buat beli wig kala itu buat nutupin buletnya kepala gue. Tapi gue tolak. Biarlah pengalaman pahit ini jadi pelajaran buat gue.. itulah kenapa gue sampe sekarang pasti cerewet juga pilih-pilih orang kalo lagi potong rambut.. daripada salah potong malah berabe gue.

Yah begitulah cerita gue sama si Hanafi. Ga kerasa gue udah kelar potong rambutnya, dan aga aneh,tapi yaudahlah, belom jadi langganan disini kayanya.. Ah Hanafi, makasih untuk pelajarannya waktu itu.. semoga hidupmu tenang, nak.
Yok ah siap-siap buka puasa..

--
Ps. Hanafi itu sebenernya langganan mama kalo ga salah
Pps. Kali inipun potongnya aga aneh, tapi yaudahlah yg penting ga jelek-jelek banget
Ppps. Gue gasuka pake pomade atau semacamnya, tapi kalo ada yg mau beliin ya gue terima. Mehehe

No comments:

Post a Comment