Wednesday, August 23, 2017

Pengen lebih panjang....

Re-Hello!
Gue balik lagi nulis nih! hahah.
Ntah kenapa gue lagi rasa bahagia banget! Padahal ya ga ada hal khusus yang terjadi hari ini. Hmm, ada sih tapi just so so aja. Hari ini gue seperti biasa urusin ikan dan ngelist apa aja yang butuh gue bawa dari rumah buat ngisi meja di kantor baruuu yuhuuuu.. Anw, sementara gue nulis, sekarang ini Bokap, Dimas, sama Mas Gusti lagi nonton bola, Indonesia Vs. Vietnam, sekarang sih lagi istirahat babak pertama, dan gue setengah yakin kalo bakal gitu-gitu aja pertandingannya. Sementara para lelaki asik mendesah karena geregetan nonton bola, nyokap udah tidur di kamar. Gue? Cuma gue laki-laki di rumah ini yang ga nonton bola. Gue di kamar kerja bertemankan laptop dan monitor yang setia nemenin gue dari gue kuliah dulu, nganterin gue sampe dapetin 3 gelar, ngedapetin beberapa mantan, dan masa lalu yang asem-manis buat dikenang. Mmmhhhhh.

Ah, mantan lagi mantan lagi, sore tadi gue aga baper sebenernya. Karena mantan terindah eke (ceilah terindah) akhirnya menikah juga, dan mulai share kebahagiaan di (so)sial media. Anw, soal doy udah sempet gue ceritain di post yang sebelumnya. Kalo belom baca, gih baca dulu disini. Kalo udah, yaudah baca lagi aja gapapa. Mayan buat naikin traffic blog gue yang kadang ditulis kadang engga ini. Hahaha.

Hmm, ngomongin mantan, sebenernya gue ini abis liat beberapa foto lama, berawal dari iseng nyariin foto keluarga gue buat dimasukin ke form taaruf...

Hmm.

EH?

WAIT!!

TAARUF?

Iya, taaruf, ah udahlah soal ini gue ceritain aja kapan-kapan. Karena ceritanya aga random, terus nanti bikin ceritanya kemana-mana, malah gajadi cerita guenyaaaaa.. :( Jadi sabar ya cantik sama ganteng, kalau ada kesempatan gue insya Allah ceritain lagi soal kerandoman pertaarufan ini..

Balik ke cerita, gue tadinya memang cari foto keluarga (maklum jarang foto bareng, bukan termasuk keluarga kekinian, tar gue ceritain juga deh soal keluarga unik ini.). Tapi ya gitu, awalnya doang nyari foto keluarga, akhirnya malah liatin foto-foto lama, lalu kangen, laluu... perlahan tapi pasti hasrat itu muncul kembali. Hasrat yang udah lama terpendam tiba-tiba membuncah tak terkendali.. Gue gatau gimana ceritanya karena tiba-tiba,

Gue ..

. . .

pengen..

. . .


GONDRONG! -_-"

Ah man, iya! Lo tau kenapa? Karena ketika gue gondrong itulah dimana gue ngerasa bahagia banget, rasanya isi hati ini penuh sampe sesek saking bahagianya! hahah. (lalu ditampol gegara lebay)

Oke, sebelum gue cerita random mengenai sigondrong ini. Gue share dulu foto jaman gondrong bisa kali ya? Buat kaum hawa, awas suka. Hahaha. Pede banget lu, Cip.

Waktu di prancis, taken by doy kala itu
img src: dokumen pribadi


Yak, jaman itu keliatan gue masih lumayan bersih mukanya, ga penuh bulu kaya sekarang ini. Oke, abis muka bersih ini foto gue jaman aga gondrong dan berjenggot! Hehe.

Waktu prewed mba tyas, gue ikutan moto-moto. taken by galih kalo ga salah
img src: dokumen pribadi


Iya-iya, gue memang ga gondrong-gondrong banget, tapi segitu buat gue udah gondrong dan rambutnya lumayan awut-awutan waktu bangun tidur. Hmmm, seksi banget deh pokoknya! Haha.  

Well, Banyak banget cerita selama gue gondrong. Pertama kali gue berani gondrong itu waktu baru lulus SMA, secara waktu gue SMA, aturannya adalah rambut panjang dikit aja langsung digunting.. :( Padahal, jaman itu gondrong adalah trend, dengan gondrong lo bakal merasa makin kece. Gue yang kala itu masih jadi remaja tanggung dan terseret pergaulan antar anak SMA, merasa gondrong adalah segalanya! Gue beberapa kali mencoba nggondrongin rambut, sekalipun risikonya adalah gue harus sembunyi-sembunyi tiap ada razia rambut dari guru!! Tapi apa daya, razia rambut dijalanin guru hampir sebulan sekali bahkan pernah dilakuin sekali per dua minggu. :( Barang siapa berhasil meloloskan diri dari razia rambut bulan ini, itu berarti ada jatah satu bulan tambahan buat manjangin rambut! Semakin lo berhasil nggondrongin rambut, itu berarti lo semakin gaul, lo bakal semakin dihormati karena berhasil kabur dari cengkeraman gunting guru yang sadis!! Tapi ya gitu deh, risikonya adalah ketika lo ketauan panjang dikiiittt aja, pake poniiii dikiiittt aja (poni juga lambang anak gaul kala itu bos!) tanpa pandang bulu, rambutnya bakal langsung dipotong!!! Ga tanggung-tanggung, kadangmpotongnya sampe PITAK! MAN!! PITAK!! AH! Gue gasanggup cerita lagi cerita lebih jauh... (Anw, cerita soal pitak, gue jadi inget pernah nulis soal pitak dan Hanafi disini)

Beralasan pada masa SMA yang direnggut kebebasannya untuk berekspresi dengan mahkota kepala gue, Jadilah masa kuliah gue jadikan masa untuk berekspresi sesuai yang gue mau. Prinsipnya adalah, berekspresi atau bergaul selalu boleh, yang penting ga kebablasan! Kebablasan dikit wajar lah, asal tau jalan pulang aja, yang gaboleh itu kalo misalnya kebablasan sampe gatau caranya balik ke jalan yang benar. hehe. (ini didedikasikan buat mahasiswa-mahasiswa yang baca blog ini, gue keliatannya aja nakal, aslinya polos banget loh. :" )

Oke, balik ke masa kuliah. Karena terbelenggunya gue untuk menggondrongkan rambut, jadilah sebagian besar masa kuliah, gue habiskan dengan menggondrong. Karena lebih dari jama SMA, jaman gue kuliah mahasiswa itu identik gondrong. Haha. Pokoknya selama jadi anak SMA dan kuliahan, buat gue ga gondrong ga kece lah!! Hehe. Lepas SMA gue langsung manjangin rambut. Jadilah sigondrong ini menemani gue, selama jadi komting (baca: komandan tingkat), touring dengan rute Semarang - Bandung - Jogja - Semarang juga touring-touring yang lain, jalan sama mereka yang khilaf mengaku sayang sama gue (baca:pacaran), sampe gue berangkat ke Prancis buat studi lagi, menggondrongkan diri dan mulai mengenal cinta dan liku-likunya. Haha. Oke bagian cinta-cintaan itu lebay. Maapin. Hehe. Intinya selama kuliah gue panjang rambutnya dan gue bahagia! Haha!

Kenapa sih, Cip, kok kayanya seneng banget sama sigondrong?? Hmm, kenapa ya? Mungkin karena buat gue, jaman gur gondrong itu identik dengan idup gue yang belum banyak aturan. Ya ga sih? Jaman kuliah itu waktu dimana lo bisa lakuin apa aja semau lo, dimana tanggung jawab paling besar lo adalah kerjain tugas dan laporan kuliah dengan tujuan biar IPnya ga jatoh. Hidup belum banyak tanggung jawab deh karena belum terikat sama peraturan 'orang dewasa', belum masuk sistem 'kehidupan dewasa' dimana banyak banget nyinyiran kanan kiri nanyain kapan nikah, punya anak kapan, kerja dimana, gaji berapa, dll. Well tapi mau gamau harus tetep dijalani gitu deh. Heheh. Aga syurhat jadinya gue. Gapapalah ya. Mihihi. Tapi gue seneng kok sekalipun sering kangen sama jaman bebas dulu. Hehehe.

Lepas dari kuliah dan masuk ke 'kehidupan nyata', gue masih sempet gondrong beberapa waktu. Gue mulai belajar menjalani hidup dengan cukur rapi itu tahun lalu. Ya selain arus mode yang berubah dari gondrong jadi ke 'potong rapi' (baca: tipis kanan kiri terus atas pendek lalu pake pomade biar klimis), si mantan juga ternyata suka liat gue pake 'potongan rapi' itu, jadilah gue mulai belajar menjalani hidup dengan potongan rapi. Hehe..

Oke, selain dua hal diatas, sebenernya ada beberapa kejadian yang bikin gue makin mantep dengan potongan rapi kala itu. Jadi, waktu itu gue sempet aga kzl dengan potongan rambut gondrong gue. Karena, ketika gue gondrong, gue selalu dianggep anak-anak muda belia gatau apa-apa gitu. Pernah dulu waktu jadi dosen baru di tempat yang lama, beberapa mahasiswa nyangka gue temen sekelas mereka, waktu gue masuk kelas dan duduk bentar sembari ambil napas dan nungguin mahasiswa yang belum masuk, tiba-tiba seorang mahasiswa ngedeketin gue, nyodorin absen ke gue dan bilang, 'Absen dulu mas, kayanya dosennya ga dateng deh..'. Padahal waktu itu dosennya gue. :( Duh, jadi pengen ngasih E. Tapi untunglah gue dosen muda, ganteng, baik hati, dan pemaaf. Akhirnya gue cuma senyum sambil bilang, 'Iya yang ngisi saya mba..' ke dia. Dianya terus jawab, 'Iya mas, diisi aja absennya, terus pulang gapapa. Dosennya dosen baru kayanya. Hehe.' Padahal maksud gue 'isi' itu ngisi kelas, bukan ngisi absen.. :((

Lebih nyelekit adalah ketika di kantin. Gue gatau dimana lucunya, tapi ceritanya waktu itu gue semeja sama beberapa mahasiswa. Kelar makan gue inisiatif buat bayarin mereka, si mba sambil nerima duit ngomong ke gue, 'Ciye, abis dapet proyek dosen ya dek?'. Kata-kata 'ciye' dari si mba sukses ngebuat beberapa mahasiswa keselek karena nahan ketawa. Seketika itu juga, jatuhlah harga diri bapak sebagai dosen. Mahasiswa yang tadinya menaruh hormat dan segan sama gue berkat sogokan seporsi somay dan segelas es teh dibagi buat bareng-bareng, seketika mukanya kecut dan beberapa pucet. Gaenak mau ngetawain padahal udah dibayarin makan.. :( Sejak saat itu, beberapa mahasiswa suka tiba-tiba bilang, 'Pak, dicariin mba kantin pak.' atau 'Pak, mba kantin titip salam buat Bapak.'. Sedihlah bapak ini dek, lebih sedih lagi adalah karena gue udah terlanjur ngebayarin somaynya pula. :(

Begitulah cerita kenapa gue akhirnya potong dengan tipis kanan kiri itu. Udah setahun berlalu, ternyata gue mulai bosen dengan predikat tua, gue lebih seneng menjadi diri sendiri yang aga gajelas ini. Gue juga udah belajar bahwa buat dapetin segan mahasiswa itu ga selamanya dengan nyogok somay, bisa juga dengan pempek ataupun gorengan. Kalau sekedar mau didewain gampang, sering-sering aja traktir mereka nasi padang, dijamin, tiap lo lewat lo bakal disapa dan dikasih senyum paling manis, dengan harapan di akhir hari lo bakal nraktir mereka lagi. Ah, tiba-tiba gue kangen sama mahasiswa-mahasiswa yang selalu aja bingung buat mandi atau engga sebelum berangkat ke kampus ini. Hmm..

Ah, maaf kalo kemana-mana ceritanya. Balik ke gondrong, gue pengen gondrong lagi pokonya, biar keliatan berjiwa muda gitchuu dechh. Selain ngegondrongin rambut, gue juga pengen ngurusin badan biar ga cepet cape kaya sekarang. hehehe. Oh iya, kalo memang memungkinkan dan ada kesempatan, gue pengen nambahin cerita-cerita bego selama gue gondrong (baca: kuliah) di post gue selanjutnya. Gue ngerasa sayang banget kalo cerita-cerita bego gue, gue dinikmatin sendiri. Siapa tau ada publisher yang ga sengaja baca, terus tertarik, terus nawarin nyetak tulisan gue ini kan? Hmm kan mayan, terus duit gue banyak dan makin terkenal kan? heheheh. Apasih! Ngayal! Haha.

Ah, udah ganti hari ternyata, pantes tulisan ini makin ngelantur. Udah waktunya istirahat. Okelah, gue istirahat dulu ya bro. Keep gondrong for a better lyfe lah pokoknya. Hehe. Xoxo!

PS. Dosen gondrong gapapa kan?
PPS. Masih aja gue kangen naik gunung dan touring lagi, gausah jauh-jauh atau tinggi-tinggi gapapa deh.
PPPS. Next year, gue harus sertifikasi selam ah! Biar bisa nyelamin hati kamuh! unch!

No comments:

Post a Comment