Friday, December 22, 2017

"Dikit lagi, Cip.."

Iya, itu adalah kata-kata paling ampuh ketika gue ngerasa udah ga kuat lagi ngadepin masalah gue. Ntah masalah apapun itu, waktu gue ngerasa sendiri, waktu gue ngerasa udah ga bakal kecapai apa yang gue usahain. Pasti gue bilang itu sama diri gue. Karena dengan ngomong kaya gitu ke diri gue, gue ngerasa kaya ada semangat dan harapan tambahan buat ngedapetin apa yang gue anggep mustahil.

Percaya ga percaya, bahkan bisa dibilang lebay.. 'Dikit lagi, Cip..' adalah mantra andalan gue. Terutama waktu dulu jamannya ngerjain master thesis! Hahaha. Buat gue berat banget deh ngerjain thesis gue, apalagi dulu di Prancis gue ngerasa sebatang kara di negeri orang, berasa gapunya siapa-siapa banget. Gue udah biasa memang ngerantau, tapi ngerantau ke luar negeri itu buat gue hal yang luar biasa, apalagi kalo lo lagi punya masalah. Kalo di Indonesia, pas lagi ngerasa kesusahan gue bakal lebih mudah buat ngeluh sama orang-orang di sekitar gue. Tapi kalo di negeri orang lebih susah. Mau curhat sama orang indo yang tinggal di luar negeri gaenak karena punya kesibukan masing-masing. Mau cerita sama orang rumah gue malah khawatir nanti cerita gue malah bikin orang rumah kepikiran.. Kalo sama temen yang orang sana, jangankan buat curhat-curhat, buat diskusi sama temen sekelas aja gue mesti mikir dulu alih bahasanya gimana. Hahaha.

Jadilah gue mendem semuanya sendiri. Sambil menahan diri buat ga ngambil piso terus nggoresin tuh piso di pergelangan tangan. Hehe. Kenapa kok gitu, Cip? Hmm, karena gue dulu sempet ngalamin depresi karena ngerasa thesis gue ga bakalan selesai. To be honest, gue sempet gagal ngerjain thesis, dan hampir aja ga lulus waktu di Prancis. Waktu gue ada di fase itu, gue bener-bener hopeless dan gue gatau mau cerita sama siapa.. Disitulah gue ngerasa bebannya berat banget dan pengen udahan aja hidupnya. Hehe.

- Mungkin buat sebagian orang, kayanya sepele banget ya gara-gara thesis terus ngerasa depresi. Tapi ya memang begitu, orang sering banget liat hal berdasarkan perspektif masing-masing. Apalagi hal yang mereka anggap kecil, padahal belum tentu begitu buat yang punya masalah ya.. Sama kaya gue waktu itu.Waktu kondisinya lagi down banget, yang gue butuhin waktu itu ga banyak, cuma support aja dan kata-kata penyemangat. Bukan cercaan dan jadi bahan ketawa karena ga kelar-kelar thesisnya. Iya, gue sadar banget akan hal itu, makanya dari dulu sampe sekarang, gue gapernah nganggep remeh masalah apapun yang lagi dihadapin oleh orang. Lu harus tau, sekedar jadi pendengar dan ga segera ngejudge orang yang cerita sama kita itu bisa berharga banget buat mereka. Bahkan bisa jadi kita nyelamatin satu nyawa.. -

Yak, kalo orang mikir gue kuat, sebenernya ga kuat-kuat banget sih. Karena semua orang pasti punya limit kekuatan fisik dan mental. Ada yang punya resistensi besar ada juga yang relatif lebih kecil dari yang lain. Tapi terlepas dari seberapa besar limit kita terhadap sesuatu, yang paling penting buat gue adalah gimana kita ketika kita berada di limit kita itu. Kalo gue ya pake 'Dikit lagi, Cip.' itu. Kalo orang lain mungkin caranya beda lagi. Hehe.

Hmm, tapi kalo dipikir-pikir ulang, gue ngerasa dulu strong banget! Hahah. Sendirian bertahan di negeri orang tanpa siapa-siapa. Suka ngerjain thesisnya sampe malem sembari kerja di lab plus jadi penyiar. Gue pas kerja disana juga baliknya paling cepet jam 10 atau 11 malem yang besok paginya udah kerja lagi. Selain itu, gue juga ngelakuin apa-apa sendiri, bahkan gue sampe ngebiasain diri buat ngeluh dan depresi sendiri. Gue bahkan sempet ada di saat dimana gue biasa cerita sama tembok! hahaha. Yeah, literally ngomong sama tembok! Hahahha

Oke gue bukannya meniadakan atau mendiskreditkan orang-orang yang selalu support gue (sekalipun dari jauh). Waktu itupun nyokap gue selalu skype gue. Temen-temen dari Indonesia juga sesekali main bareng kalo lagi ada waktu. Gue juga sempet deket sama orang pas di Prancis walaupun ga pacaran (tapi barusan gue ga sengaja ketemu chat-chat lama sama doy sih, sebenernya itu udah pacaran banget walaupun ga ada kata jadian dan pisahan, wong ngobrolnya *tiiiiittt*). Tapi terlepas dari itu semua, gue sering ngerasa sendiri karena disana yang masyarakatnya individualis. Tapi kerennya adalah, gue bisa survive! Hahaha. Itulah kenapa gue bilang ngerasa hebat banget. Hahahhaa.

Hmm, ada yang jadi pikiran gue sebenernya. Gue ini sempet ngulur-ulur proyek negara sampe dua minggu cuma karena gue males! Hahaha. Maaann, dimana diri gue yang dulu? Diri gue yang maksain banget buat dapetin semuanya, ga peduli sama badan, yang punya stamina oke banget, yang punya kebahagiaan ga kebendung, yang gapernah berhenti ngejer yang dimau! Hahhaa. Okelah, memang harusnya gue lebih semangat lagi kali ya! Hahaha. Harus punya kemauan yang lebih keras dan aksi yang lebih banyak! Yeaahhh!!


Iya gue sekeras dan sehebat itu, dulu. Dan akhir-akhir ini gue lembek padahal waktu gue disini tinggal beberapa bulan lagi! Aaahh!! Iyanih, gue masih punya banyak cita-cita yang mau gue capai. Dan karena ga cuma satu, gue ngerasa cita-citanya punya jalan yang beda-beda gitu. Hahaha. Tapi gapapa, sekalipun beda-beda gue yakin bisa ngeraihnya selama gue bisa persisten sama apa yang gue kejer! Hehe. Pasti deh gue bisa raih cita-cita gue di waktu yang tepat! Kenapa? Gue yakin banget bahwa ga akan ada hasil yang mengkhianati usaha! Yang ada adalah hasil jelek karena usaha yang kurang! Haha.

Huvt.. Percayalah, tulisan ini berawal karena gue baca-baca chat lawas gue di facebook terus gue malu sama diri sendiri. Haha. Semacam diingetin kalo gue harus lebih keras lagi ke diri ini kalo gue memang serius sama apa yang gue mau gitu. Haha. Cara Tuhan ngingetin kita memang ada aja ya. Tinggal kitanya mau sadar apa engga kalo Tuhan itu memang selalu baik sama kita, kitanya aja yang suka lalai.. Hehehe.

"Dikit lagi, Cip.. Semuanya bakal dateng di waktu yang tepat kok.. Dikit lagi.." :)

Temen seruangan gue dulu
Image source: Dokumen Pribadi

--
Jati.
Ps. Dinginnya Prancis selalu kerasa anget tiap ada kamu.. :3
Pps. "Aku kedinginan banget nih.."

No comments:

Post a Comment