Monday, July 31, 2023

Mengguna Kacamata

Tujuan utama pengguna kacamata tentu agar melihat dunia lebih terang, lebih jelas, tak buram. Seringkali penggunaan kacamata berbeda tentu akan beda tujuan. Ada yang sekedar untuk bergaya, ada yang untuk memperjelas penglihatan, ada pelindung cahaya.

Apapun itu, perspektif pemakai menjadi penting. Hingga kadang kita lupa, cara melihat hidup seringkali seperti kala mengguna kacamata kuda. Tidak lagi terlihat kanan kiri, dunia hanyalah apa yang dilihat, apa yang dilihat itulah yang dipercayai.

Kadang kita lupa, bahwa dunia itu luas, kehidupan itu tak hanya berputar di sekitar kita. Seringkali kita menghakimi sesuai perspektif kita, sedangkan banyak masukan yang kita buang sekedar mempertahankan rasa juga hati. Bilapun mungkin juga alasan mempertahankannya adalah karena terlalu banyak luka. Seluka apapun, berusahalah untuk tidak melukai orang lain dengan sengaja. Kalaupun tak terelak, kurangilah lagi.

Coba lihat lagi dunia dengan menoleh kanan-kiri, mendongak, serta menunduk. Sesekali mencoba lihat belakang pun tidak salah. Karena siapa tahu, ada pandangan baru untuk kita menatap ke depan. Memperbaiki sikap, memperbaiki diri, memperbaiki apa yang mampu diperbaiki.

Kacamata kuda, bukan kita, tapi aku, sang dungu.

--


No comments:

Post a Comment