Tuesday, January 16, 2024

Simuda penambang

 Kemarin aku bertemu dengan pengusaha muda. Saat ini masih ikut dengan pamannya yang merupakan seorang general contractor terkemuka di Lampung. Segala kegiatan yang berhubungan dengan pengaspalan jalan di satu kabupaten di Provinsi Lampung merupakan kegiatan yang dia tangani di tahun 2023. 

Jangan ditanya berapa besaran angka yang dikerjakan hanya dalam satu tahun di proyek tersebut. Angkanya fantastis! Sebagai gambaran, dalam kondisi tersebut, pengusaha muda yang kuceritakan barusan saja sudah mampu membeli rumah, kendaraan roda empat, serta proses membangun tambang batu baru di salah satu lokasi yang nantinya akan menyuplai kebutuhan dari pamannya tersebut. Terbayangkah berapa? Hehe..

Luar biasa memang, kala kemampuan bertemu dengan privilege. Kebetulan dia memiliki ketertarikan di dunia usaha, dan memiliki paman yang juga merupakan pesohor kegiatan-kegiatan pembangan jalan di suatu daerah besar.

Segera saja cerewetku tak berhenti. Bagaimana aku bisa tahan melihat potensi muda seperti ini? Segala yang dipunya merupakan impian hampir 90% teman kuliahnya aku yakin. Dia mengamati seksama dan terus memendam diri. Kupikir memang tidak semua muda dapat dan ingin bersaing kini. Terlalu dinikah merasakah zona nyaman? Padahal dengan potensinya, kupikir mampulah dia untuk menjadi setidaknya staff ahli kementerian. Sudah barang tentu dengan polesan dari beberapa mentor dan pengalaman belajar tambahan juga tempaan di dunia teknis.

Tapi sudahlah, mungkin karena pertemuan jg di waktu tidak prime time obrolan kami hanya ngalor-ngidul tanpa arah. Waktu istirahat membuat kami segera berbenah untuk pulang. 

Satu hal yang kuyakini: Privilege merupakan hal yang seringkali jadi poin utama kesuksesan. Namun tentu, tanpa adanya kesiapan, segala kesempatan untuk menjadi beruntung akan menjadi basi, lalu ditangkap oleh orang lain. 

Maka, banyak-banyaklah bersiap agar memiliki kemampuan untuk beruntung. Hehe.

Selamat malam, Dunia...

--

ah, padahal aku masih inign menulis lebih banyak. Hanya kantukku tak tertahan.

No comments:

Post a Comment