Monday, January 14, 2013

My 'First Job'

Hari ini hari senin, 14 Januari 2013..
Pagi pagi gini masih kerasa banget ngantuknya. Gmana engga semalem baru sampe di semarang dari jepara jam 23.14 WIB.

Oke, akhirnya gw semalem 'officially' jadi PEMBICARA!! Haha! Lebay ya? Tapi gapapa deh, sekali kali ini.. Gw semacam jadi motivator di acara Jangkar 2010, sejenis mabim atau ospeknya anak baru perikanan yang dilakuin di LPWP (Laboratorium Pengembangan Wilayah Pantai), Jepara.

Ini berawal dari seminggu yang lalu dimana Hari (19 tahun, PSP 2010), Koord. Acara Jangkar minta gw buat ngasih motivasi di acara ini hari sabtu 12 Januari 2013. Dimana menurut dia dibutuhin seseorang buat ngasih 'suntikan' motivasi gitu ke ke angkatan barunya, dan akan lebih baik kalau yang ngasih itu dari senior atau fresh graduate yang lebih 'berpengalaman' di perikanan. Disini sempet ngalamin beberapa kendala karena mmg gw sendiri sibuk kuliah dan beberapa miskomunikasi lainnya. yang berujung batal buat hari sabtunya. well, that's not a problem for me.. Sabtunya gw sukses kuliah sampe sore, kesana kesini, tugas, yang berujung tepar!

Oke kembali ke cerita.. Waktu berlalu dan akhirnya gw mutusin buat mampir aja hari minggu, 14 Januari 2013 buat ngeliat gimana jalannya acara Jangkar. Kebetulan hari itu gw sedikit longgar dan ada keperluan di jepara. eh waktu sampe di LPWP gw malah diminta lagi buat ngisi itu acara, setelah musyawarah ama senior yg lain akhirnya gw deh yg diminta semua buat ngewakilinn senior. Well, memang keliatannya ga dapet apa apa, bahannya pun sedikit banget soalnya cuma dapet waktu ngomong setengah jam dari jam.. Tapi hal yang paling adalah pengalamannya! hal lain yang bikin gw seneng itu respon dari angkatan barunya, sedikit bisa lebih fresh ketika gw ngomong (karena gw tau banget rasanya ikutan ospek tu gimana rasanya). Beberapa hal yang gw sampein disana ya mengenai perikanan itu gimana, kenapa perikanan, alasan gw milih perikanan, dan sedikit ngasih semangat buat yang ngerasa 'tersesat' di perikanan. yang gw harepin dimana mereka bisa lebih sadar bahwa siapapun mereka, meraka ga harus merasa bingung atau menyesal buat masuk di perikanan ini.

Gw udah sedikit terbiasa buat ngomong didepan orang memang, dan ini bukan yang pertama kalinya gw ngomong didepan orang. Yang bikin ini beda ya gw memang secar resmi dimintanya, bukan sekedar ngomong didepan secara spontan. Disini gw sadar banget masih banyak yang harus diperbaiki dari cara gw berbicara didepan umum, mulai dari cara, sikap, materi yang harusnya dipersiapkan lebih matang, dan lain sebagainya. ini bener bener pengalaman yang nyenengin deh! dan gw jadi sempet mikir 'mungkin ga ya kedepannya gw beneran jadi seorang pembicara?'.. Ga ada yang tahu..

Well, the time goes on.. Semoga terus ada perbaikan ke depannya..

2 comments:

  1. foto'y taaa. kurang foto, ga kayak di cerita lo di dua judul yg lain. hihihi

    ReplyDelete
  2. hahah. siap nish siap. yang ini mang belum siap publish sebenernyaa. soalnya fotonya masih d panitia.. makasih udah baca. :D

    ReplyDelete