Friday, January 18, 2013

Bukan untukmu mantan..

Sekelebat rasa itu hadir, membekas, untuk kemudian menghilang, namun tidak untuk bekas yang ia tinggalkan..


17 Januari 2013, 23.48 WIB

Ntah kenapa tetiba kutipan diatas terlintas gitu aja di benak gue. Gue lagi tidur tiduran (mencoba tidur lebih tepatnya), terus mikiiir, mikiiir, dan kemudian galau.. -,- hmmm, ngomongin kenangan memang ga pernah ada habisnya. Kenangan bisa ngebangkitin 'sesuatu' dalam pikiran yang mungkin udah lama kita lupain. Yang namanya ‘kenangan’ atau ‘masa lalu’ itu ga melulu mengenai mantan pacar, TTM, dan lain sebagainya. Bisa mengenai persahabatan, waktu yang terlalui, kosan mungkin, tempat yang pernah disinggahi, dan banyak hal lain.

Andai waktu dapat terulang, aku tak akan berfikir dua kali untuk bisa melewati masa itu lagi..
Hari ini kurang lebih gue 4,5 tahun tinggal di semarang, melewati banyak waktu, banyak kejadian, mengenali banyak orang, yang kemudian semuanya menjadi kenangan sekarang ini. Masa S1 ama S2 bener bener ga bisa dibandingin. Banyak hal dimasa S1 yang udah bikin gw kangen sekarang ini. Ketika awal kuliah dimana gue mulai tau gimana rasanya ngerantau, kangen ama orangtua, gimana rasanya ketemu temen temen baru juga masalah masalah yang harus diselesein sendiri. Juga cerita cerita spesial bareng sahabat maupun yang lainnya. Ketika dulu gue kuliah S1 di perikanan, kerasa berat banget awalnya, waktu kerasa lamaa banget karena banyaknya tugas juga laporan, selalu nyuri waktu buat main, dan lain sebagainya. Tapi ntah kenapa sekarang ini beneran deh yang namanya kuliah S1 itu bener bener masa dimana kita bisa menjadi lebih ‘dewasa’ banyak hal terjadi, banyak hal menyedihkan bahkan. Tapi ya semuanya sekarang menjadi kenangan yang bener bener manis. Karena banyaknya sahabat yang selalu berbagi dalam susah.. juga orang terdekat yang selalu ada dalam masa senang. Hari ini, gue tepat 6 bulan diwisuda. Tapi ntah kenapa rasanya udah lamaaa banget gue ninggalin kampus itu. Mungkin karena penat, mungkin karena gue gabisa nerima kenyataan dimana gue bertambah besar dan harus terus berjalan kedepan, atau mungkin karena gue sekedar ngerasa takut karena ga akan pernah lagi ngerasain hal semenyenangkan itu kedepannya? Ntahlah, gue gatau. Yang pasti, ketika ada kesempatan buat gue ngulangin semua masa itu, semua rasa itu, gue pasti mau.. Dan gue tau, itu mustahil..

Budidaya Perairan 2008, Foto diambil Januari 2009


Dan sesuatu hanya akan menjadi berharga ketika sesuatu itu menghilang..
Memang semuanya kerasa biasa ketika gue ngejalanin, semuanya kerasa ga berkesan, bahkan banyak keluhannya. Tapi ketika semuanya udah berlalu, disitu gue baru sadar, betapa bodohnya pemikiran gue saat itu, bukannya bersyukur tapi justru mengeluh. Bukannya menikmati tapi merasa terbeban. Karena sekarang gue sadar, justru masa yang terlihat biasa itu, masa yang terbebani itu adalah masa yang menyenangkan, ya terasa sangat menyenangkan. Menyukai apa itu masalah, menikmati apa itu galau, mengenali banyak orang baru. Semua terasa biasa ketika gue melewati masa indah itu, dan sekarang ketika gue berada di lingkungan baru dengan segala aktivitasnya, masa yang gue baru aja tinggalin kerasa begitu menyenangkan. Ya, karena sesuatu yang biasa akan menjadi berharga ketika sesuatu itu menghilang perlahan..

Aku adalah sang penyuka masa lalu..
Ada yang berpendapat bahwa orang yang sulit maju adalah orang yang selalu melihat kebelakang dan terjebak di dalamnya. Gue mungkin salah satunya. Jadi seseorang yang menyukai masa lalu. Tapi disisi lain gue seneng menjadi diri gue karena semua yang terjadi di hidup gue tersimpan rapi, tercatat dengan baik dalam memori. Bahkan mungkin yang saat ini gue rasa sulit bakal kerasa manis juga nantinya. Waktu terus berlalu tanpa manusia tahu kemana arahnya. Kewajiban kita sebagai manusia ya untuk berusaha, untuk menyukai apa yang terjadi saat ini untuk kedepannya. Karena sang waktu terus berlalu, tanpa kita sadari..

Sejenak hadir, kita hanya tersenyum simpul, malu malu antara aku dan dirimu, diawal pertemuan itu.
Dan kini, masih tersimpan dengan rapi semua kenangan itu, antara aku dan kamu, sahabatku..

2 comments:

  1. ihaaaa. masa lalu. jadi sahabat yang menyejukkan hati. banyak juga pelajaran yang bisa di ambil dsna. bisa juga terjebak dsna, ga bisa sadarin diri padahal kita punya masa depan dan yg penting masa sekarang.

    ReplyDelete
  2. hahaha. selalu ada hal kita lupa karena fokus ama suatu hal yang lain yak nis. gw sendiri lebih suka menjebakkan diri kadang. haha.

    mengenai masa depan,, cuma bisa usaha kan nish? udah ada yg mengatur semuanya. hehe

    ReplyDelete