Tuesday, January 15, 2013

Karena ga ada yang sia sia..


Mungkin banyak orang mikir kalo misalnya ngelanjut kuliah S2 itu enak, gampang, banyak waktu senggang dan lain sebagainya.. tapi sebenerny ga gitu gitu juga sih..

Oke, tadinya gw mikir yang namanya S2 itu asik, santai, bisa disambi kerja sana sini, bisa sambil usaha dan lain sebagainya.. Tapi kenyataannya? Posisinya banyak ngga kaya gitu, mungkin memang tergantung sama program yang diambil di S2nya sih, jadi yang gw tulis disini mengenai gw ya, bukan gambaran umum gimana S2. Gw sekarang ngelanjut kuliah di Double Degree Indonesia-Prancis Program Perencanaan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan, Universitas Diponegoro. Memang sih kuliahnya ga seberapa cape, tapi berhubung gw masuk ke program Double Degree ya jadinya yg bikin cape ya kuliah bahasa prancisnya itu. Huhu.. setiap hari kuliah mulai jam 07.30 WIB yang berarti gw sendiri harus mulai siap siap jam 05.30 paling lambat dan jam 06.00 udah berangkat ngampus. Kuliahnyapun seharian, kelar biasanya jam 17.30, yang berarti paling cepet gw sampe kosan tercintah jam 18.30 *paling cepet!!*,  belum kalo ada tambahan kuliah yang pulangnya bisa sampe malem. Ditambah lagi seabreg tugas dari dosen yang kadang bikin bingung, sampe ngerjainnyapun butuh lebih dari tenaga juga pemikiran *yang ini sedikit lebay*.

Rasa jenuh buat kuliah dan ngikutin semua program ini seringkali dateng, kadang bikin emosi, kadang bikin pengen ngudahin semuanya aja. Pengen nikmatin hidup, pengen santai, bisa usaha, bisa main, dan lain sebagainya. Belum lagi kalo kadang terselip pertanyaan di pikiran gw ‘apa iya gw bakal lolos seleksi buat berangkat?; apa iya semuanya bakal ada hasilnya nanti?’. Udah deh semangat bisa turun drastis buat nerusin kuliah, terus berujung bolos dan lain sebagainya. Dan buat nyemangatin diri gw sendiri gw terus mikir ‘memang butuh pengorbanan buat ngedapetin sesuatu yang dianggap berharga..’


Red Foto : Anisha Minaka yang berkerudung di sebelah kanan foto, yang kiri namanya Sabillah Kurnia Putri

Kenapa gw masukin foto diatas? Itu karena gw jadi inget kata kata yg sempet gw kasih ke temen gw Anisha Minaka, SPi. (22 Tahun, Serang), waktu itu dia ngeluh mengenai sesuatu dimana dia ngerasa jenuh dan pengen berhenti buat ‘ngusahain sesuatu’, disitu gw bisa ngomongin dia ‘Nish, ga ada sesuatu yg sia-sia di dunia ini apapun yg lo lakuin, jadi lo harus terus maksa diri lo buat ngelakuin semuanya, sampe dimana batas lo ‘mati’!!’

Hehe, memang kadang buat ngomongin orang lain jauh lebih mudah dibanding buat ngomongin juga nyemangatin diri sendiri. Dan kadang ketika gw ngeluh gw jadi inget kata kata yang gw pake buat nyemangatin orang lain, dan disitu gw jadi lebih semangat lagi.. Yap, karena gw yakin yang gw lakuin disini adalah jalan gw buat lebih baik kedepannya nanti, manusia itu Cuma biasa berusaha, tetep Tuhan yang paling tahu yang paling baik bagaimana cerita itu harus berlanjut. Sama kaya gw yang udah milih program ini buat S2, harus terus ngelanjutin sampe nanti ada akhirnya..

Well, the time goes on, tetep harus selalu ada perbaikan kedepannya.. “Karena ga ada sesuatupun yang kamu usahain bakal sia sia nantinya, Semua bakal ada hasilnya, entah sekarang, besok, atau nanti.” :) 

2 comments:

  1. iya, emang gak akan pernah ada yg sia-sia. yang ada adalah sebuah pelajaran disana :)

    ReplyDelete
  2. heheh. pasti nish pasti.. disana jga pasti selalu ada keluarga jga sahabat yang ngingetin kitaa.. ayo mulai nulis!! :D

    ReplyDelete