Wednesday, May 31, 2017

"Aku telat..."

ada berapa tangan hayooo?
img src: google.co.id

Pernah kepikiran ga kalau cewe yang pernah deket sama lo, tiba-tiba dateng ke hidup lo yang tenang, cerita dia udah telat haid alias hamil, dan dia minta tolong sama lo buat bantuin dia?
Well, ini aga berat sih buat gue share disini. Apalagi mengingat kapasitas otak gue yang standar aja dan maunya happy-happy. But honestly, hal ini beneran jadi pikiran gue beberapa hari belakang. Soalnya kita ga tau kan, kapan suatu hal bisa terjadi. Ya kaya yang barusan gue omongin, misalnya ada (katakanlah) mantan pacar yang curhat kalau dia hamil dan butuh ayah buat anaknya, anggep aja si bapak biologisnya kabur (atau mati sekalian deh biar lebih afdol).

Apa yang bakal lo lakuin? Misalnya itu beneran terjadi di hidup lo?

Okay, ini tiba-tiba jadi topik yang hangat dibicarakan antara otak dan hati gue. Bahkan gue sampe sharing sama beberapa orang mengenai masalah ini. ke babas, mahasiswa gue, dita, orang sekelliling gue, sampe orang yang baru ketemu. haha. Pekok sih, tapi yaudahlah. because i need second, third, even fourth opinion. Casenya adalah, 'Kalau ada mantan yang pernah nyakitin, tiba-tiba balik karena hamil, apa yang bakal lo lakuin?". Berdasarkan hasil diskusinya, gue simpulin beberapa solusi general sebagai berikut:

1. Ya bantuin aja kalaupun dia pernah nyakitin dan masih sayang, kalau bisa nolong dan masih sayang kenapa engga?
2. Tinggalin, buat apa toh dia pernah nyakitin, dan lo ga ada kewajiban buat tanggung jawab
3. Coba cari solusi lain deh, gamungkin ga ada solusi lain kan?


Oke, untuk jawaban nomor 1, sekitar 25 persen yang ngejawab ini. Yang ngejawab ini kebanyakan perempuan. Gue pun ga menyalahkan pemikiran mereka karena gue nanyanya dengan pengandaian 'misalnya kamu cowonya, apa yang kamu lakuin?'. beberapa ngejawab kalo mereka mungkin bakal menerima asal masih sayang. Hmm, bisa masuk ke logika gue, karena inti dari rasa itu 'penerimaan' dari orang yang disayang kan? Apapun masa lalunya, apapun kesalahan yang pernah dia buat.

Jawaban nomor dua sekitar 60 persen yang ngejawab. Dan yang ngejawab gamau adalah (yak) laki-laki. Makhluk berlogika namun kadang kurang punya rasa. hahaha. Rata-rata mereka ngejawab, 'Ya buat apa pak bantuin. Toh dulunya udah pernah lewat barengnya, dia juga nyakitin, Pak. Bapak juga gapunya kewajiban buat bertanggung jawab, soalnya kan bukan perbuatan Bapak juga.'. Oke ini jawaban rasional banget deh! Khas laki-laki yang gengsinya tinggi. Udah pernah disakitin, terus pas susah dateng, terus minta tanggung jawab. Mungkin ada baiknya dijauhi karena belum tentu tau  bapak biologisnya siapa. Iya kalo ganteng kaya gue, kalo elek? Hahahah.

Yang ketiga ini cuma 15 persen yang menjawab ini. Mereka gabisa tentuin sikap karena (mungkin) banyak pertimbangan. Ada yang bilang buat, 'Kenapa ga bantu cari cowonya.' atau, 'Susah kalo gini, belum tanggung jawabnya kan, Dul?' hmm gue mengerti jawaban ketiga ini sebenernya memang paling wajar justru. Karena harusnya banyak pertimbangan yang dipikir sebelum mengiyakan atau menidakkan. Apa memang ga ada solusi lain? Apa dengan kita bantu cari cowo lain untuk cari yang mau tanggung jawab itu menyelesaikan masalah? Apa nitipin anak ke pantai asuhan juga merupakan solusi? Hmm.. Tapi misalnya selama bantu itu akhirnya anaknya lahir, yang mau tanggung jawab sama anaknya ini siapa cobaaa?? :(

Oke itu summary dari orang-orang yang secara random gue ajak diskusi. Ada yang straight forward, ada yang banyak pertimbangan. Intinya sih semua punya perspektif masing-masing, ga ada yang salah menurut gue. Toh judulnya juga opini, ya kan?

Kalau gue pribadi, gue mungkin (mungkin ya) bakal mau dan tanggung jawab, tapi harus dilihat juga kemampuan gue. Apakah gue sudah mampu untuk menghidupi perempuan dan anaknya ini nanti? Apakah gue masih sayang atau engga sama dia? Gimana hidup gue mengetahui anak gue sebenernya bukan anak biologis gue? dan banyak lagi deh. Karena menurut gue, kesalahan di masa lalu itu wajar dilakuin, mungkin khilaf. Ya sedih aja sih sebenernya kalau kita tahu kalau yang sama kita itu udah ngerasain duluan sama yang lain. Tapi siapa sih yang tahu apa rencana Allah buat kita, kan? Mungkin dengan kita mengasihi juga membantu mereka yang kesusahan, kita akan lebih dikasihi sama Dia. Yang pasti, bertanggung jawab sama seorang perempuan, apalagi menikahinya itu bukan keputusan yang mudah diambil tanpa pertanggungjawaban juga kesiapan yang jelas.. Ya ga sih?

Yah, begitulah inti dari pemikiran gue beberapa waktu ini. Random banget memang, tapi kita memang gapernah tau, kapan kejutan itu bakal datang di hidup kita yang sebentar ini..

Kalo menurut lo? Apa yang bakal lo lakuin kalau ketemu sama kejadian di atas? Kalau ada yang mau sharing email ya ke cwjati@gmail.com . Ditunggu deh. makasih udah mau baca pikiran random gue. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan, selamat beraktivitas! Xoxo.


--
Ps. kita gapernah tahu rencanaNya untuk kita itu gimana. Hidup itu penuh kejutan! Asal lo percaya. :)

No comments:

Post a Comment