Sunday, October 6, 2013

Hey France, finally i am here with you! :D

Yeah!! gue di PRANCIS! huahuaha.. sebenernya biasa aja sih, cuma gue aja yang excited sendiri.. haha. gue disini baru aja sekitar 6 jam ketika gue mulai nulis! hahaha.. well, ini pagi pertama gue.. ada beberapa cerita yg pengen gue share disini.. mulai dari proses gue ngurus keberangkatan, berangkat kesini, sampe gimana hari2 awal gue disini. hmm, mungkin yang pertama gue share mengenai proses kenapa gue bisa sampe disini aja dulu kali yaa. hehe.

image source : google.com
Oke, gue udah sering banget cerita kalo gue sekarang lagi ngambil program S2 Double Degree Indonesia Prancis (DDIP) yang diselenggarain sama Dikti (Direktorat Pendidikan Tinggi) Republik Indonesia. Program ini program Master yang tempatnya setahun di Indonesia dan Setahun di Prancis.. well,, gue masuk kesana di Universitas Diponegoro Semarang, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Program Studi Magister Manajemen Sumberdaya Pantai (MMSP) konsentrasi Perencanaan dan Pengembangan Sumberdaya Kelautan (PPSK). Bidang gue sendiri di bidang Mikrobiologi dan Bioteknologi, gue menggeluti penyakit ikan disini. ntah kenapa sukanya nyari "penyakit" memang gue ini. hehe.. disitu gue ngabisin tahun pertama gue, dan tahun kedua gue di Prancis di Université de Nantes, Nantes, France. Faculté TPE (Terre, Planète, et Environnement) - Jurusan Écosystèmes et Bioproductions (EB), Parcours (konsentrasi) Bioproductions et Bioproduits des Écosystèmes Marins (BBEM) *gue tau yg ini aga ribet, udah gausah digubris*. oke, cukup mengenai dimana gue kuliah, udah beberapa post yg gue share mengenai gimana kondisi kuliah gue, BOSEN! *seperti perkuliahan pada umumnya* tapi gue tau itu semua bermanfaat buat gue. :3

gue udah setahun belajar bahasa prancis sekalian gue kuliah perikanan di Undip.. dan di akhir2 banyak banget yg harus diurusin dan serba mendadak. mulai dari tiba2 Dikti minta TOEFL yg diatas 500 *alhamdulillah gue lulus dengan (sangat) baik*, dan ga berhenti sampe situ aja, birokrasi yg 'sedikit membingungkan' selalu saja bikin gue harus bolak balik Semarang - Jakarta - Bogor - Lampung.

Well, perjuangan gue muter2 beberapa tempat tadi sebenernya cuma buat beberapa berkas, SP-Setneg, Visa, BGF (Boursière de Gouvernement France) *ini semacam status dimana lo bakal dapet beasiswa dari pemerintah Prancis*, nyari logement (kosan) buat d Prancis, sama yang paling penting ya Guarantee Letter (GL) *semacam SK Beasiswa buat di Indonesia sama di Prancis dari pemerintah Indonesia*.. hmm, dari semua berkas yg gue urus yg paling susah diurus ya SP-setneg karena harus muter2 antara Dikti, BPKLN, sama kantor Sekretaris Negara, sedangkan yg paling lama diurus nomor dua visanya karena sembari nunggu BGF *gue ga ceritain disini soalnya ini bakal habis satu cerita sendiri.. nanti bakal gue share di cerita lain mungkin..*

hmm,intinya gue seneng disini. masih aga kesulittan soal bahasa (pastinya) dan gue harap bisa terus belajar banyak disini. pagi pertama gue disini disambut sama hawa dingin 10 derajat Celcius yang masih bakal turun terus sampe nanti winter.. kedinginan? sebagai orang enonesa aseli yang belum pernah abroad, ya jelas gue ngerasa dingin eh adem ding,, berasa di gunung gitu hawanya. tapi untungnya badan gue masih tolerir deh disini, gue masih berani dikamar pake boxer aja sama kaos. hehe *ini kebiasaan gue memang* -__-

hmm,, itu dulu aja kali yaa yg di share, gue abisni mau beresin kamar sebenernya, sama ngeshare soal 'perjuangan' gue buat ngedapetin berkas berkas gue di Indonesia, tapi nanti kali yaa, semoga bisa gue share semuanya. hehehe.. well, buat pembaca abuabu gue, semoga betah ngebacain blog gue yang makin gajelas, tapi gue berniat buat ngeshare semua pengalaman gue selama studi gue disini :D

yeah, after all setelah semuanya,, akhirnya gue sampe juga disini, bisa juga gue nginjekin kaki gue disini,, yak, akhirnya gue di PRANCIS.. :)

--

Ciptaning Weargo JATI
Pagi pertama gue di Nantes, Prancis, 10 derajat yang dingin di kamar baru gue.

No comments:

Post a Comment