Wednesday, May 14, 2014

pagi teduh dengan beberapa cerita dari sahabat :)

Bener bener baru bangun terus solat dan dapet pencerahan gitu gue ceritanya. Hahah.

Jadi kalo ngomongin jodoh juga perbedaan dan perjuangan kayanya memang rumit yak. Gue juga sebenernya belum ngerti karena gue sendiri belom punya istri bhahah *ngga ada hubungannya*. Sebenernya yang ada di kepala gue sih kalo gue nyaman sama orang yaudah gue pertahanin aja kenyamanan itu. Gue jaga sebaik yang gue bisa. Kenyamanan disini cakupannya lebih umum yaa. Ntah pacar, sahabat, apapun itu sih sebenernya. Dan kalo ngomongin soal pacar gue jadi inget beberapa kisah gue juga temen temen gue. 

Cerita pertama berasal dari temen gue dimana dia suka sama cewe yg sedikit lebih tua dari dia. Yang akhirnya ga keungkap tapi sama sama ngerasa. Bisa dikata friendzone kali yaa. Pas si cowo udah yakin, akhirnya dia bilang buat nunggu sedikit lagi soalnya dia harus keluar negeri demi nyelesein tugas akhirnya. Tapi apa yang terjadi? Waktu dia di luar negeri, dia dapet undangan nikahan dari cewe itu. Ntah yg ini apa rasanya. Getir banget pastinya. Waktu berlalu, mereka masih deket walaupun jauh beda sama sebelumnya. Dan suatu hari akhirnya lewat blog cewe itu, temen gue tau kalo si cewe nyaman dan nganggep dia 'ade'nya doang. Yang sebenernya ngga cima ade karena si cewe pun sebenernya suka juga sama temen gue satu ini. Bahkan ada kata kata 'andai dia lebih tua dari gue, pasti gue sama dia..'.. Pedih bro pedih gue diceritainnya.. 

Ada juga hubungan yang udah jelas dan berlangsung lama dari seorang sahabat lama sama pacarnya, tapi ternyata dia merasa ada sedikit keegoisan dan rasa jenuh disana. Masih nyoba kuat dan ngejalanin sampe sekarang karena dia takut waktu yang lama terlewati ga bakal ada gantinya dan sayang buat ditinggalin. Khusus yang ini gue doain lo sama dia yang terbaik sob. :)

Ada juga suatu hubungan dimana si cowo udah yakin sama si cewe sekalipun umur hubungannya baru seumur jagung. Ntah kenapa si cowo udah yakin bingit. Bahkan udah nunjukin keseriusan juga niatan baik untuk ga lagi main main. Tapi apa daya waktu si cowo berangkat ke negeri sebrang untuk menuntut ilmu tiba tiba si cewe lost faith yang berujung berucap kalo mereka 'beda' dan diakhir cerita si cewe jujur kalo dia udah nemuin kenyamanan baru. Yah begitulah, singkat jelas dan ngejleb. Bisa tebak ini yang gue ceritain siapa? :|

Cerita lain datang dari sahabat dekat gue, dia udah ngejalanin hubungan dimana ada 'perbedaan' prinsip diantara keduanya. Doi udah siap dengan perbedaan itu. Bahkan kalo bener bener menikah nantinya perbedaan itu bukan masalah buat dia. Yang penting kenyamanan! Tapi masalahnya bukan disitu. Yang jadi hambatan justru ketidakberanian pacar doi yang ga mau nyoba ngeyakinin keluarganya bahkan dirinya sendiri untuk ngelanjutin hubungan dengan perbedaan itu. Padahal semuanya masih bisa diusahakan (ya setidaknya dalam pikiran gue), tapi engga, pacarnya justru mau ambil safe, memaksa dalam jalur yg sama. Dan akhirnya hubungan menggantung sampe menahun (seinget gue 3 tahun apa ya?) karena kenyamanan.. Yaa, demi kenyamanan..

Cerita terakhir ini berasal dari orang yang lagi deket sama gue. Yang ini bukan lagi soal ngga jelas status, hubungan yang baru seumur jagung, adanya orang ketiga, atau ngga ada mau ngalah buat berkorban. Karena sebenernya waktu yang mereka lewatin bareng udah lumayan lama (lama banget bahkan buat gue), udah ada kejelasan hubungan antar mereka, bahkan sekalipun ada perbedaan, salah satu dari mereka udah mau ngalah (ngalah yang bener bener ngalah kalo dalam pendapat gue) demi kenyamanan itu, tapi diakhir cerita berakhirnya hubungan mereka justru bukan karena beda atau apapun, tapi dia-yang-deket-sama-gue ini nyerah.. Ya,dia menyerah dengan alasan yang gaperlu gue sebutin disini.. 

Screenshot hape gue waktu itu
image source : hape gue :D
Yak ini semua bukan soal kegagalan ataupun sekedar lelah bertahan tapi terus menjalani.. Tapi menurut gue sendiri, namanya hubungan itu pastilah ada perbedaan, dan kalo udah ngomongin perbedaan pasti ngga ada abisnya.. Gue bukan ngejudge atau apa, tapi memang deh yang namanya hubungan pasti ada halangannya, bahkan buat yang udah ngalah banget juga ada aja yang tiba tiba bisa ngudahin hubungan itu, ada aja yang bisa bikin dua orang tiba tiba pisah.. Jadi daripada mikirin beda, coba deh liat sekeliling lo dan belajarlah menghargai rasa dari orang orang di sekeliling lo. Mungkin lo belum sadar sekarang, tapi nantinya lo pasti sadar mengenai rasa rasa itu.. Yang pastinya masing masing rasa itu istimewa! Dan keistimewaan itu spesial buat lo. :D 

Gue jadi inget omongan gue ketika gue di Paris, 'ngapain sih mikirin beda? Itu memang prinsip sih, tapi sebenernya banyak hal kali yang bisa bikin kita udahan. Bisa aja besok kamu ketemu orang lain terus suka sama dia, bisa aja tiba tiba ada sesuatu di masa lalu yang tiba tiba gabisa kamu terima, dan banyak hal kecil lainnya yang bisa bikin kita berubah pikiran. Yang penting itu dari kitanya dulu sebenernya gimana, mau seriuskah soal hubungan ini atau sekedar becanda juga main main? Ya kalo aku sih udah di tahap serius, udah bosen main main terus gitu gitu aja juga kan intinya?'

Dan yak, intinya sih dari diri sendiri dulu, udah serius buat jalan atau belum, baru deh ke tahap selanjutnya untuk ngeyakinin keluarga dan lain sebagainya, karena sekalipun ngerasa gapunya beda, background kita (dalam hal ini keluarga atau lingkungan) bisa banget bikin kita tiba tiba berubah pikiran. Tapi kalo sama sama nyaman dan mau berusaha, apapun itu bakal diperjuangin kok..

Okedeh, udah waktunya gue kerja, semoga bermanfaat juga bisa ngeyakinin hati hati yang lagi bimbang diluar sana. Sekalipun masih belum yakin, nanti bakal ada saatnya yakin kok.. Ikhlasin aja semuanya, lakuin yang lo yakinin, karena kalo lo ngikutin hati lo dengan pertimbangan juga yakin, ngga bakal ada penyesalan nantinya.. :)

--
Ciptaning Weargo JATI
dari diri sendiri dulu aja deh, baru mikirin yang lain. tanya diri lo sendiri dulu, baru mikir bareng kedepannya gimana. berkorbanlah buat sesuatu yang lo anggap pantas, dan jangan sesali pengorbanan itu.. simpel :D

No comments:

Post a Comment