Saturday, June 10, 2017

Harga kasih sayang.

Oke gue pengen nulis ini karena tiba-tiba gue keingetan satu kejadian kecil tahun lalu. Waktu itu gue ngasih kado buat orang, dan yang namanya kado kalo buat gue sih yang penting itu gunanya. Gue pernah nih dikasih dompet yang harganya mahal banget, gue malah terharu karena gue tau ga gampang buat ngumpulin duit sebanyak itu. Halah, malah kemana-mana. Singkat cerita, orang yang gue kasih kado itu seneng dan nunjukin ke temen-temennya, menurut cerita sih, respon temen-temennya biasa aja kecuali satu orang, dia bilang, 'Dari Cipta ya? Gabisa ngasih yang lebih mahal ya dia? Gapunya duit ya?'

Hmm, nyelekit sih memang, tapi yaudahlah udah lewat juga. Gue juga gatau apa alasan dia bilang gitu. Mungkin ada unsur gasuka sama gue, tapi terlepas dari bener engga omongannya, gue jadi berpikir, segitu pentingnyakah 'harga' dari sesuatu yang kita beri? Bukankah kado atau gift itu adalah bentuk kasih sayang yang dirupakan dalam sebuah benda?

Dari situ, gue juga introspeksi diri, jangan-jangan gue juga melihat sesuatu dari 'eksplisit'nya, bukan 'implisit'nya. Terus, gue kebayang misalnya gue gapunya apa yang gue punya sekarang, apa mungkin gue bisa sebahagia ini? Dalam artian, gue bersyukur sekarang ini masih punya orang tua yang selalu support gue, bahkan selalu ngajarin buat berbagi sekalipun dalam keadaan sempit. Ditambah lagi, kalau diberi, apapun bentuknya, gue diwajibin buat menghargai, se ga suka apapun kita, se ga butuh apapun kita. Karena yakin deh, buat dapetin itu semua ga gampang. Contohnya aja, gue pernah dikasih tissue buat ngebersihin debu di muka gue. Hal kecil sih, tapi bahagia banget soalnya harga tissue yang gasampe 10rb itu bukti kalo ada yang perhatian sama gue. Gue pernah dibikinin nasi goreng sama bubur manado, aga keasinan sih, tapi bahagia banget deh, nagih banget! Bukan rasa atau harganya, tapi perhatiannya.

dipeluk nyokap sama istri itu bahagianya kuadrat! :))
img src: google.com


Gue selalu bersyukur punya nyokap yang selalu ngajarin gue buat menjadi sosok sederhana. Sosok yang ga cuma mikirin gimana dapetin duit, gimana bisa liburan bulan depan, tapi justru sosok yang bisa mengatur semuanya, juga tidak berlebihan plus apa adanya sekalipun diberi banyak kelebihan. Gue belajar banyak mengenai cinta kasih dari sosok yang gue sayangi ini.


Bahwa cinta seorang laki-laki dewasa itu ga sekedar mencarikan nafkah untuk keluarganya, tapi juga harus menyiapkan masa depan yang lebih baik serta perlindungan bagi mereka yang jadi tanggung jawab gue nanti.
Bahwa laki-laki ga harus selalu kasar buat keliatan kuat, ada saatnya laki-laki nyender sama istrinya buat sekedar lepas lelah, tapi gaboleh lama-lama kalo lagi jatuh. Harus segera bangkit buat selesein apa yang jadi tanggung jawabnya.
Bahwa laki-laki harus tangguh ketika punya masalah dan gaboleh gampang goyah. Harus punya visi, tanggung jawab, bisa berpikir cepat juga cerdas dalam menyelesaikan masalah, plus harus siaga kapanpun dibutuhin. Karena tanggung jawab laki-laki itu sama 4 wanita, ibunya, istrinya, anaknya, dan saudara perempuannya.

Bahwa tanggung jawab seorang istri itu bukan sekedar urusan dapur dan urusin suami. Tapi istri juga punya hak buat mengembangkan diri, punya arah pemikiran sendiri, dan hak untuk mewujudkan mimpinya. Hakikat rumah tangga adalah saling kerja sama untuk membangun keluarga yang saling pengertian dan penuh kasih sayang.  Karenanya, gue ga akan ngelarang siapapun istri gue nanti buat lanjut kuliah, atau belajar lagi buat ngembangin dirinya. Toh, dari seorang ibu yang cerdas bakal menurunkan anak yang cerdas juga kan? Terpenting adalah tanggung jawabnya sebagai istri terpenuhi.
Bahwa perempuan itu adalah sosok rapuh namun kuat, dari seorang perempuan lo bisa rasain nyamannya rumah sekalipun gapunya rumah. Bisa nyaman hanya dengan keberadaannya sekalipun dalam kesulitan. Karena senyum teduh juga manja seorang perempuan, lo bisa rasain surga dan jadi raja sekalipun lo gapunya apa-apa. Iya bisa, Tapi, lo juga bisa bikin rumah jadi kaya neraka kalo lo berbuat buruk sama perempuan. Buat gue, perempuan itu, luar biasa, laki-laki mah ga ada apa-apanya.
Bahwa pernikahan itu bukan sesuatu yang asal dan sepele. Karena penyatuan dua insan bisa berdampak ke dua keluarga. Jadi gaboleh terlalu egois dan keras. Gue diwajibin buat sayang istri nanti dan ga ada kata mendua sampe gue ga nafas lagi. Dua hal itu udah harga mati sih.

Bahwa yang bertanggung jawab dengan diri gue adalah diri gue sendiri, bukan orangtua, saudara, ataupun pasangan gue nanti. Karena gue laki-laki. Gue dibiasain buat ngurusin kegiatan sendiri, dari nyuci baju, nyapu, ngepel, nyuci baju, bahkan masak dan nyuci piring. Biar apa? Biar tahu kalo yang namanya masak itu ga gampang! Khusus buat laki-laki nih, Percaya deh, kalo lo tau rasanya masak dan gimana ngurusin dapur itu, pasti deh lo makin sayang nyokap sama istri. Pengorbanan yang mereka lakuin itu udah luar biasa besar! Kebanyakan laki-laki cuek buat satu hal ini soalnya. Ga percaya? Coba dulu aja deh, baru ngomong.

Yah, itulah kasih sayang buat gue, jauh lebih mahal dibanding sekedar beliin sepatu bermerk, ataupun baju mahal. Gue dimasakin aja udah klepek-klepek, apalagi disayang-sayang. Haha. Ah, jadi kangen dimasakin kan. hm.

Ya itu deh sharing-sharing pemikiran kali ini. Kalo aga melenceng maafin ya, bukan penulis profesional soalnya. haha. Oiya, Kalau ada yang mau diskusi, seperti biasa kirim aja ke cwjati@gmail.com ya. Kita bisa sharing-sharing lebih lanjut disana, siapa tahu jodoh rezeki atau pasangan kan? *eh :D

--
Kasur, 10 Juni 2017. 11.20
Gue penasaran, sosok istri gue nanti gimana ya? hehe.

No comments:

Post a Comment